Berita

Berita Thumbnail
Senin, 22 November 2021
Oleh: Admin

WEBINAR : KEAKARAN & KITA HARI INI

Berita dari FSRD Usakti :

WEBINAR : KEAKARAN & KITA HARI INI

Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti menyelenggarakan webinar dengan tema “Keakaran dan Kita Hari Ini” pada hari Jumat, 19 November 2021 secara daring. Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian acara pameran tunggal Prof. Setiawan Sabana, MFA dengan judul “Kitab Jagat Kertas Dalam Renungan”, yang diselenggarakan atas kerjasama Kemendikbudristek  –  Galeri Nasional Indonesia  –  ITB  –  Galeri Garasi Seni 10 Bandung.

Dalam pembukaannya, Prof. Setiawan Sabana, MFA menyampaikan bahwa perubahan dan kemajuan teknologi tidak terhindarkan, namun kita sebagai masyarakat dan bangsa perlu punya keakaran tradisi yang kuat supaya tetap bisa adaptif dan survive dalam pergerakan global.

Selanjutnya para pembicara menyampaikan materi, yaitu:

  1. Dr. Sangayu Ketut Laksemi Nilotama, M.Ds (Dekan FSRD USAKTI) dengan judul “Budaya Tutur Sumber Pengetahuan dan Identitas Kelokalan”
  2. Drs. Dikdik Adikara Rachman, MA (Ka. Pusat Studi Reka Rancang Visual & Lingkungan FSRD USAKTI) dengan judul “Tantangan Kelokalan di Abad 21: Catatan dari Lapangan”

Perguruan tinggi memiliki peran untuk terus menyuarakan pentingnya tradisi menjadi jati diri bangsa, dan bagaimana tradisi bertransmisi dalam derasnya perubahan teknologi dan media saat ini. Melalui webinar ini, diharapkan pemikiran dan kepedulian akademisi khususnya tentang tradisi sebagai jati diri bangsa Indonesia dapat terus menguat dan berkembang.

Acara ini didukung oleh: Institut Seni Budaya Indonesia  – Universitas Kristen Maranatha . – Universtias Komputer Indonesia  –  Universitas Pasundan – Universitas Pendidikan Indonesia – Universitas Trisakti –  Komunitas Peduli Anak Spesial

Sumber berita : Wadek IV FSRD