Berita

Berita Thumbnail
Kamis, 02 Desember 2021
Oleh: Admin

Pelaksanaan Monev Penelitian bagi Tim Dosen FTI Penerima Hibah Kedaireka

Berita dari FTI Usakti :

Pelaksanaan Monev Penelitian bagi Tim Dosen FTI Penerima Hibah Kedaireka

Tim Dosen dan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro FTI Usakti turut hadir memperkuat Tim Gabungan Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Trisakti (Usakti) dan PT. Impack Pratama Tbk dalam acara Monev Penelitian “Sistem Energi Pintar, Biaya-Murah Dan Mandiri untuk Keperluan Pengeringan atau Penyimpanan dalam Kerangka Pertanian 4.0” yang merupakan Penelitian Skema Kajian Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta (KEDAIREKA), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tanggal 29 November 2021 di Kampus Anggrek Binus bersamaan dengan Dies Natalis Usakti ke 56.

Dalam acara Monev ini Tim Evaluator KEDAIREKA adalah Bapak Dr. Eng. Ir. I Gde Nyoman Merthayasa, M.Eng., dari Institut Teknologi Bandung, Ibu Dr. Ir. Setyo Pertiwi, M.Agr. dari IPB University, Ibu Heneria Thyar and Bapak Waluyo Basuki dari Direktorat Ketenagaan, Dirjen DIKTI Kemdikbud Ristek. Tim Gabungan Peneliti dipimpin oleh Ketua Peneliti Prof. Dr. Fergyanto Gunawan dari Magister Teknik Industri (MTD) Binus, didampingi oleh Dr. Arief S. Budiman (MTD Binus), Dr. Endang Djuana (Teknik Elektro Usakti), Dr. Bens Pardamean (Bioinformatics and Data Science Research Center Binus dan Magister Teknik Informatika), serta Bapak Sugiarto Romeli (Direktur New Product Development, PT Impack Pratama Tbk). Hadir dari Usakti 7 mahasiswa Teknik Elektro yaitu Dhea Syalsabilla, Fitri Kurnia Sari, Gemma Irma, M. Ilham Wibowo, M. Agung Rizky, Obhasa Tanto, dan Zacky Irfan.

Selain itu di lokasi Penelitian Altira hadir 6 mahasiswa Teknik Elektro yang dipimpin oleh Sekretaris Jurusan Teknik Elektro Usakti, Ibu Dianing Novita, M.Sc sebagai salah satu Koordinator Tim Peneliti Energy – Photovoltaic dan Battery untuk memberikan demonstrasi sistem langsung dari lokasi Penelitian melalui Zoom kepada Tim Monev di Kampus Binus. Keenam mahasiswa tersebut adalah Nadiev Daffa, Bagas Prasetyo, Cahya Muzaki, Danny Hertog, Renato Garibaldi dan Tri Swasono Adi.

Dalam penelitian ini total Tim Usakti diwakili 4 orang Dosen FTI (3 Dosen Teknik Elektro dan 1 Dosen Teknik Mesin, 18 mahasiswa Teknik Elektro dari Angkatan 2019 dan 2018 serta 1 orang Alumni Teknik Elektro. Selain tim Peneliti yang telah disebutkan di atas, tim diperkuat Ir. Kuat Rahardjo, MT, Daisman PB Aji, PhD dan Stevanus, ST Alumni Teknik Elektro angkatan 2006.

Keseluruhan acara Monev berjalan lancar, dengan sesi presentasi tim pelaksana dilanjutkan sesi wawancara dengan mahasiswa dan masyarakat penerima manfaat yaitu petani yang memiliki akses ke Solar Dryer Dome (SDD) yang telah dilengkapi sistem pintar dari hasil penelitian bersama ini. Kedua Evaluator menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang baik di antara para peneliti, mahasiswa dan mitra industri serta mengharapkan Penelitian ini dikembangkan terus untuk kepentingan yang lebih luas lagi yaitu untuk komunitas Petani di seluruh pelosok Indonesia.

Sumber berita : Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti
Sumber foto : dokumentasi: Binus Research, Binus University