Berita

Berita Thumbnail
Senin, 14 November 2022

Bisa sebagai Peluang Bisnis, MABA FSRD Usakti belajar Eco Print

Berita dari FSRD :

Para Mahasiswa Baru Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti mengikuti pelatihan Eco Print Workshop yang diselenggarakan di Ruang Galery Gedung N Universitas Trisakti pada 12 November 2022.

Wakil Dekan III FSRD Susy Irma , S.Sn, M.Ds., menyambut baik dengan diadakannya pelatihan Eco Print Workhop, Sebagai Mahasiswa Desain berbusana dan produk lain yang fungsional adalah sebagai usaha penuangan ide dan kreativitas. Metode yang digunakan untuk mengimplementasi suatu cara untuk menekankan identitas dan ekspresi diri point tersebut yaitu dengan metode Ecoprint, yang hasilnya akan dipamerkan melalui fashion show pada penutupan acara Bimbingan Kreatif (Bimkraf) FSRD Usakti di 26 November 2022.

Dra Damayanti Budiarti, M.Hum., Dosen FSRD Usakti sekaligus pemateri menyampaikan Eco-print dapat diartikan sebagai teknik mencetak pada kain dengan menggunakan pewarna dari bahan alami dan membuat motif dari daun secara manual yaitu dengan cara ditempel sampai timbul motif pada kain. Penggunaan bahan alami ini berkaitan dengan lingkungan. Hal tersebut yang menjadikan teknik Eco-print adalah hal yang penting. Karena kondisi alam dan lingkungan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, kesadaran melestarikan lingkungan semakin meningkat. Eco-print ini dapat mendukung program SDGs (the 2030 Agenda for Sustainable Development) yang memiliki latar belakang untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. Khusus dalam tujuan “Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan, Kesempatan Kerja yang Produktif dan Menyeluruh, serta Pekerjaan yang Layak untuk Semua”. Eco-print ini diharapkan dapat menciptakan sebuah peluang usaha bisnis baru dan menghasilkan peluang kerja yang layak juga pertumbuhan yang lebih kuat, inklusif dan dapat mengurangi kemiskinan.

acara dilanjutkan dengan praktik eco print serta menampilkan hasil karya terbaik dari para peserta pelatihan.

Semoaga kegiatan pelatihan ini dapat menambah kreativitas dan wawasan serta menjadi peluang Bisnis bagi para peserta pelatihan.

Sumber Berita: UPT Humas