Kantor Urusan Internasional, Kebudayaan, dan Kerjasama

Kantor Urusan Internasional, Kebudayaan, dan Kerjasama

Gedung E Lantai Dasar
Kampus A Universitas Trisakti
Jl. Kyai Tapa No.1, Grogol Jakarta 11440
Telp :Gedung E: +62-21-5663232 ext. 8188
Hotline :+62-21-5569002

Selengkapnya

Sejarah Singkat

Peleburan struktur organisasi lembaga budaya dan unit pelaksana teknis kerja sama dan kantor internasional, menjadi kantor urusan internasional kerja sama dan kebudayaan universitas trisakti.

Bahwa dengan berlakuknya statuta universitas trisaktii dan anggaran rumah tangga universitas trisakti pada tahun 2015, maka ketentuan yang mengatur organisasi dan tata kerja universitas trisakti perlu disesuaikan dengan kondisi universitas

Untuk mewujudkan visi dan misi universitas trisakti menuju world class university, maka struktur organisasi lembaga budaya dan unit pelayanan teknis kerja sama dan kantor internasional yang ada saat ini, dilebur menjadi 1 yaitu kantor urusan internasional, kerja sama, dan kebudayaan.

Bahwa oleh karena itu peleburan struktur organisasi lembaga budaya dan unit pelayanan teknis kerja sama dan kantor internasional, menjadi struktur organisasi kantor urusan internasional, kerja sama dan kebudayaan perlu ditetapkan dalam peraturan rektor.

Awalnya Lembaga Budaya Universitas Trisakti berfungsi sebagai layanan  pembinaan budaya bangsa ke dalam kampus (internal), dan bersifat sosial edukatif bagi Mahasiswa, Tenaga Pendidik (Dosen) dan Tenaga Kependidikan (karyawan), disamping  bersifat public service bagi masyarakat luar kampus (eksternal).

Universitas Trisakti mempunyai kampus yang pluralistik, baik dari segi disiplin ilmu (Sain, Teknologi, dan Seni) maupun heterogenitas latar belakang sosial budaya mahasiswa, yang meliputi lintas suku, lintas agama, lintas etnis, yang sedikit banyak memberi warna warni kampus. Menyikapi fakta kondisi kebhinekaan seperti ini, dan menanggapi fakta kecenderungan minat calon mahasiswa baru,  Universitas Trisakti menyadari perlu adanya piranti yang berperan sebagai unsur pemersatu. Unsur piranti itu bernama Lembaga Budaya  yang diharapkan mampu merekat perbedaan-perbedaan  yang mungkin ada, dan membentuk kekuatan2 baru yang saling mendukung. Keputusan Rektor Usakti pada tahun 2008, menginstruksikan pembentukan Lembaga Budaya sangatlah tepat, dalam konteks memperingati lahirnya sejarah ‘reformasi’ yang sudah berusia satu dasawarsa – dan sekaligus seratus tahun ’kebangkitan nasional’. Peristiwa reformasi, sayangnya tidak semata dipahami dalam konteks fenomena sosial politik, tetapi juga dimaknai dalam konteks kebangkitan dimensi sosial budaya. khususnya di lingkungan Universitas Trisakti. Dimulai dari kampus ‘reformasi’ kita berharap akan lahir insan-insan berbudaya (beradab) melalui proses implementasi ‘culturalism’. Oleh sebab itu, diterbitkan SKR No. 178/USAKTI/SKR/VI/2008, pada tanggal 20 juni 2008, oleh Rektor Universitas Trisakti, Prof.Dr. Thoby Mutis, sebagai awal dari kegiatan Lembaga Budaya di Universitas Trisakti.

Awal dari UPT Kerja Sama, Pendidikan tinggi dihadapkan pada tantangan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang dapat bersaing di tingkat internasional. Upaya untuk meningkatkan daya saing bangsa tidak terlepas dari ketersediaan sistem pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan. Salah satu upaya peningkatan mutu akademik adalah peningkatan program kerja sama.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, dan sejalan dengan visi dan misi Universitas Trisakti, maka Bagian Kerja Sama (KS) yang semula di bawah Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kerja Sama (PSDM&KS) diubah menjadi UPT Kerja Sama (UPT KS) melalui Surat Keputusan (SK) Rektor No.016/USAKTI/SKR/I/99 dengan maksud agar kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh unit-unit di Universitas Trisakti dapat  terkoordinasi dan  terinventarisasi dengan baik.

Tugas dan Fungsi KUIKK

Tugas Pusat Urusan Internasional

  1. Mengkoordinasi kegiatan internasionalisasi program studi dengan menyusun dan menyosialisasikan term of reference serta panduan implementasi kegiatan;
  2. Mendukung penyelenggaraan kelas internasional dan internasionalisasi program studi di USAKTI dengan membantu penyediaan visiting professor dan guest lecturer beserta monitoring dan evaluasi penyelenggaraan kelas internasional;
  3. Meningkatkan jumlah mahasiswa asing dan dosen tamu yang datang ke USAKTI.
  4. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan untuk sivitas akademika USAKTI dalam rangka percepatan internasionalisasi;
  5. Membangun kerja sama dan kegiatan implementasinya dengan mitra dalam dan luar negeri
  6. Menyusun database kerja sama dengan institusi baik pemerintah maupun swasta di dalam negeri dan institusi luar negeri serta menggunakan data tersebut untuk kepentingan pengembangan kerja sama;
  7. Mengkoordinasikan kunjungan pimpinan universitas dan fakultas ke luar negeri dalam rangka pengembangan kerjasama;
  8. Mengkoordinasikan kegiatan penyambutan untuk tamu-tamu internasional yang berkunjung ke USAKTI;
  9. Membuat profil universitas dalam bahasa internasional untuk keperluan promosi dan pengenalan USAKTI di luar negeri;
  10. Menyebarluaskan informasi tentang peluang studi lanjut ke luar negeri untuk sivitas akademika USAKTI

Fungsi Pusat Urusan Internasional

  1. Mengkoordinasikan dan memfasilitasi pelayanan untuk mahasiswa asing berupa pengenalan kebudayaan dan bahasa Indonesia.
  2. Melakukan benchmarking penyelenggaraan pendidikan di USAKTI dengan universitas di luar negeri bagi dosen dan tenaga kependidikan.
  3. Mengembangkan sistem berbasiskan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung program beasiswa, magang, dan mobilitas.
  4. Mensosialisasikan program beasiswa internasional, membantu koordinasi keberangkatkan penerima beasiswa internasional serta melakukan monitoring dan evaluasi dari pelaksanaan beasiswa.

Tugas Kerja Sama

  1. Memfasilitasi dan mengkoordinasikan kerja sama di lingkup Universitas dengan institusi lain di dalam dan di luar negeri.
  2. Menyusun dan mengevaluasi secara periodik Pedoman dan Petunjuk Teknis Kerja Sama serta bahan lainnya yang berhubungan dengan kerja sama berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Membantu Fakultas/Lembaga/Unit lain yang berada dalam lingkup Usakti dalam menyusun rancangan MoU, memantau persiapan rancangan MoU, mengevaluasi MoU, dan melaksanakan proses pengesahan MoU dan turunannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  4. Membantu kelancaran kerja sama dan memantau pelaksanaan kerja sama yang dilaksanakan oleh masing-masing Fakultas/Lembaga/Unit di Usakti sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama yang telah disepakati, serta mengadakan kordinasi untuk memperoleh masukan mengenai program dan permasalahan kerja sama.

Fungsi Kerja Sama

  1. Pemberian fasilitas untuk Fakultas/Lembaga/Unit yang akan mengadakan kerja sama mulai dari perintisan sampai dengan penandatanganan kerja sama
  2. Pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi unit kerja di lingkungan Usakti dalam melakukan kerja sama dengan pihak lain, baik dalam maupun luar negeri
  3. Pelaksanaan promosi sumber daya IPTEKS kepada mitra strategis dalam maupun luar negeri
  4. Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan rencana dan program kegiatan kerja sama

Tugas Kebudayaan

  1. Menyusun    kebijakan    teknis,    rencana,    program    dan     anggaran pengembangan, pembinaan, dan pelayanan budaya di lingkup Universitas Trisakti.
  2. Melaksanakan  pengembangan,  pembinaan, dan pelayanan bidang budaya  disertai pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pengembangan, pembinaan, dan pelayanan budaya di lingkup Universitas Trisakti.
  3. Menjawab tantangan persaingan global dan revolusi industri 4.0 terkait pandemi, MBKM, Univ ranking, Internasionalisasi, dll.
  4. Menjadi pintu untuk mengenal budaya bangsa lain agar dapat menghargai budaya sendiri.
  5. Mewujudkan kerja sama dan kemitraan institusional Lembaga kebudayaan dan kebahasaan internasional yang potensial.

Fungsi Kebudayaan

  1. Pelatihan bahasa Indonesia untuk mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan
  2. Pelatihan academic writing, teaching methodology, dll untuk dosen di lingkup Unviersitas Trisakti.
  3. Pelatihan bahasa Inggris-conversation untuk tendik dan dosen.
  4. Workshop bahasa Inggris untuk mahasiswa (English for job-seekers, How to write an interactive CV, etc.)
  5. Workshop untuk dosen-dosen bahasa di lingkup Universitas Trisakti dan umum dengan berbagai topik terkait proses pembelajaran bahasa asing.
  6. Penyelenggaraan kegiatan Summer program/course bagi mahasiswa asing dan Indonesia terkait budaya dan bahasa.
  7. Pelaksanaan berbagai tes bahasa Inggris bagi sivitas akademika dan masyarakat umum.