Berita

Berita Thumbnail
Jumat, 13 Januari 2023

Tingkatkan Kolaborasi Riset, BRIN Jalin Kerjasama dengan Universitas Trisakti

Dalam rangka meningkatkan kolaborasi riset bidang kimia, lingkungan dan teknologi bersih, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Fakultas Teknik Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan Universitas Trisakti di Gedung Geostech KST Habibie, Rabu (21/12)

Kepala Pusat Riset Lingkungan dan Teknologi Bersih (PRLTB) Sasa Sofyan Munawar dalam sambutannya mengatakan BRIN menjadi bagian dari manajemen talenta nasional untuk bidang riset dan inovasi. Oleh karena itu, kelompok riset yang ada di PRLTB didorong untuk melakukan kolaborasi baik dengan mitra industri maupun perguruan tinggi.

Menurutnya dana riset yang ada di BRIN bukan hanya untuk periset BRIN, tapi untuk periset Indonesia, tapi syaratnya harus ada kolaborasi.

“oleh sebab itu, melalui payung perjanjian kerjasama, banyak riset kolaborasi yang bisa dilakukan dengan beberapa skema pendanaan riset yang bisa dimanfaatkan dan kegiatan pengembangan SDM iptek lainnya” ungkap Sasa

Lebih lanjut Sasa menjelaskan bahwa mahasiswa bisa melaksanakan tugas akhir di PRLTB dengan pembimbingan oleh periset PRLTB. Bahkan lebih luas lagi bagi mereka yang memenuhi syarat bisa menjadi research assistant dengan melaksanakan riset yang termasuk dalam program riset BRIN dan mendapat salary dengan persyaratan harus memiliki output.

Sementara itu Dekan Fakultas Teknik Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan (FALTL) Universitas Trisakti Melati Ferianita Fachrul mengatakan bahwa jauh sebelum kerjasama ini beberapa dosen FALTL secara personal sudah pernah melakukan riset bersama dengan beberapa periset BRIN.

Lebih lanjut Melati menjelaskan bahwa pendanaan dari fakultas untuk riset ada tetapi porsinya kecil. Padahal dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, porsi dosen senior untuk melakukan riset meningkat menjadi sekitar 40%, dibandingkan porsi untuk pendidikan atau mengajar dan pengabdian masyarakat.

“skema pendaaan riset yang dikelola oleh BRIN ini sangat menarik sekali bagi kami, semoga nantinya banyak kegiatan kolaborasi riset yang bisa direalisasikan, selain itu untuk akreditasi dan pemeringkatan, kami dituntut MoU atau kerjasama yang nyata ada hasilnya” jelas Melati

“bukan banyak perjanjian kerjasama tapi tidak ada realisasinya” tambahnya

Melati berharap melalui kerjasama ini, dapat menghasilkan kegiatan riset kolaborasi, pengembangan SDM iptek dan dapat menghasilkan teknologi tepat guna di bidang kimia, lingkungan dan teknologi bersih.

Floatin Button
Floatin Button