Lembaga Arbitrase Trisakti

Lembaga Arbitrase Trisakti

Struktur Organisasi

Pelindung : H.    I Komang Suka’arsana, Dr, SH, MH
(Dekan Fakultas Hukum, Universitas Trisakti)
Ketua : H. Endar Pulungan, Dr, SH, MH.
Wakil Ketua : Dhulkifli Zaman Khan Al Jaafari, Professor,Dr.
Sekretaris Umum : Irene Eka Sihombing, Dr, SH, CN, MH.
Wakil Sekretaris Umum : Steve Kesmond Ngo, Professor
Selengkapnya

Dinamika perkembangan bidang bisnis di Indonesia dalam hubungannya dengan luar negeri, terutama yang menyangkut joint venture, dagang dan alih teknologi, mendorong kita untuk mempersiapkan diri dan mengantisipasinya.

Dalam hubungan arus perkembangan dunia bisnis ditinjau dari segi hukum, sangat menonjol dan dominan sekali peran dan penggunaan klausula arbitrase. Dari pengamatan, pihak dunia maju selalu menuntut pencantuman klausula arbitrase pada setiap perjanjian bisnis yang mereka lakukan dengan pihak Indonesia. Bahkan ada keengganan bagi pihak dunia maju untuk mengadakan hubungan bisnis tanpa diikat dengan perjanjian arbitrase.
Bagi dunia maju, commercial arbitration sudah dianggap a business executive’s court sebagai alternatif penyelesaian sengketa. Karena mereka berpendapat, penyelesaian sengketa bisnis melalui peradilan resmi, pada umumnya memakan waktu lama disebabkan faktor prosedur sistem peradilan sangat kompleks dan berbelit. Merekapun berpendapat bahwa penyelesaian sengketa di bidang bisnis melalui peradilan sebagai more complex and time consuming procedures of the official court system. Di samping itu, kalangan dunia bisnis beranggapan penyelesaian sengketa di bidang bisnis, kurang dipahami oleh para hakim jika dibanding dengan mereka yang berkecimpung dengan dunia bisnis itu sendiri.Dalam hubungannya dengan hal tersebut, sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka, sesuai dengan visi dan misinya, Fakultas Hukum Universitas Trisakti mengambil sikap turut memainkan peranan dalam pembangunan di bidang hukum dan penanganan masalah-masalah hukum baik di tingkat nasional maupun Internasional termasuk masalah arbitrase.

Guna mewujudkan program ini, Fakultas Hukum Universitas Trisakti bekerja sama dengan Western Australian Institute of Dispute Management (WAIDM) yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding antara keduanya pada tanggal 25 November 2007 di The School of Law Murdoch University Perth Australia.

MoU ini kemudian ditindaklanjuti dengan diterbitkannya Surat Keputusan Dekan Fakultas Hukum Universitas Trisakti Nomor 001/SKD/FH/I/2008, tertanggal 07 Januari 2008 tentang Pembentukan Lembaga Arbitrase Fakultas Hukum Universitas Trisakti. Berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Hukum Universitas Trisakti tersebut maka lembaga arbitrase dengan nama LEMBAGA ARBITRASE TRISAKTI, terbentuk.
Pada tanggal 15 Mei 2008 secara resmi Lembaga Arbitrase Trisakti diperkenalkan kepada masyarakat.

T u j u a n

  1. memberikan pelayanan dalam menyelesaikan perselisihan sengketa perdata melalui arbitrase, mediasi, negosiasi, konsiliasi.
  2. menyediakan jasa konsultasi di bidang hukum bisnis baik nasional maupun internasional.
  3. menyelenggarakan training dan pendidikan bagi para calon arbitor, mediator, negosiator, konsiliator, yang dapat mengikuti ujian dan mendapat licence sebagai arbiter yang mendapat pengakuan di tingkat Internasional.
  4. menyelenggarakan penelitian dan publikasi di bidang arbitrase.